Saturday, July 9, 2011

Sudah Sore atau Sudah Tahu ?






Jumat ( 8/7 ) aku bersama temanku Ilmi sibuk nyari berita apa yang harus aku angkat. Ilmi sudah dapet,sedangkan aku baru dapet 1 berita tapi aku merasa beritanya gag  menarik . Ilmi pun mulai membantuku . Aku memilih Fakultas Ekonomi & Bisnis sebagai tempat dimana aku akan mencari informasi tentang hal – hal gaib atau pengalaman dari mahasiswa ataupun karyawan setempat.
Awalnya saya merasa baik – baik saja dan tenang perlahan – lahan masuk ke dalam gedung yang konon kabarnya menyimpan kisah horor , yang tidak kalah seperti  Fakultas Kedokteran. Aku bersama Ilmi langsung mencari karyawan cleaning service, yang paling tidak memiliki pengalaman atau bahkan hanya sekedar mendengar hal – hal aneh yng ada di FEB. Aku langsung bergerak cepat mencari ruangan cleaning service di lantai 2. Ketika kami masuk di ruang cleaning service, segera aku memperkenalkan diri dan menceritakan apa tujuanku datang kesana. Mereka sempat terkejut karena mendengar bahwa aku akan bertanya – Tanya tentang hal – hal gaib. Serentak mereka langsung melempar – lemparkan tuduhan “ Eh Pak, sampeyan kan yang pernah tau ? “ , “ Itu lho mbak tanya Bapak – Bapak yang maenan komputer, dia tau semua ceritanya “. Setelah beberapa detik beradu mulut, akhirnya pun Pak Darmaji salah satu karyawan penjaga malam FEB  bersedia diwawancari. Awalnya Pak Darmaji sempat mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki pengalaman dengan adanya dunia gaib, beliau hanya sering mendengar hal – hal seperti itu, namun lama kelamaan ketika aku sedikit memancing – mancing pertanyaan tentang hal – hal misteri, akhirnya Pak Darmaji berkata “ Oh iya mbak, saya pernah punya pengalaman “, aku merasa, dia awalnya takut menceritakan hal tersebt, karena masih percaya dan tidak.
Pak Darmaji mulai menceritakan kisahnya seperti demikian , “ Saya selama 11 tahun bekerja disini ya lebih sering mendengar mbak dari pada mengalami, yang sering saya dengar sih ya di lantai 7 ,sama ruang baca. Dulu waktu saya masih jai bagian konsumsi ya sekitar tahun 2000an lah kaya ada orang yang manggil – manggil nama saya, terus dulu kan saya pernah tiduran di ruangan Dekanat, ya sekitar jam 12.30 pagi lah mbak itu ada teman saya , sama – sama orang konsumsi ,masuk, kan biasa ya anak – anak konsumsi kalo gag ada kerjaan ya ngambilin gelas – gelas bekas the di ruangan dosen, lah itu pas Pak Wiji, pas masuk itu ya nyolonong aja masuk  gag pake buka pintu mbak, ya nrobos masuk gitu aja,pakai baju putih, tak panggil ya diem aja, terus karena saya takut, ya saya ke ruangan cleaning service. Saya tanya mbak sama anak – anak “ Pak Wiji maeng mlebu nang dekanat ta ? “ , terus temen saya jawab ,” Loh arek’e lho turu nang mburi “ , ya mulai saat itu saya sedikit percaya mbak adanya hal – hal seperti itu. terus ya mbak dulu itu saya pernah denger juga di bawah yang deket ruang dharmawanita, dulu ada asdos Manajemen lagi lembur eh ada tangan dada dada ( melambai – lambai ) di depanya, Cuma tangan tok itu mbak.  Ya itu aja sih mbak yang saya tau. “
Lumayan mendapatkan informasi dari Pak Darmaji, saya belum merasa puas dengan sedikit cerita dari beliau, saya pun mengajak Ilmi untuk berkeliling lagi mencari informasi, layaknya seorang detektiv. Ketika itu kami bertemu dengan dua mahasiswi berjilbab yang sedang belajar,Ratna dan Andita. Ilmi menanyakan kepada Ratna, yang kebetulana teman SMA nya dulu,
Ilmi :  Na,pernah denger gag ada cerita serem disini ?
Ratna : Ya banyak mi …
Andita : Udah deh pokoknya banyak, yuk Na belajar lagi, aku takut ada yang denger.
Sempat aku merasa penasaran dengan perkataan Andita, “ takut ada yang denger  “ ?
Siapa ?
Aku : Maaf Andita, emang siapa yang denger ? emang ada apa disini ?

Andita : ya gitu deh , liat aja tuh di ruang 11 (211 ) sama 1 (201), kalau kamu brani masuk aja kesana. Disitu ada cewek  Belanda pake baju merah. Terus di lantai 2 sering tuh ada penjual jamu, padahal dia udah mati, sama tukang bakso yang sebenernya dia gag  ada . Ahh udah ah aku mau belajar !

Entah mengapa aku mencurigai Andita yang sedikit banyak tau tentang hal – hal gaib disini.
Aku dan ilmi terus berkeliling di FEB, hingga kami tiba di depan lift kaca, belom tombolnya di pencet eh liftnya sudah kebuka, padahal di dalemnya gag ada orang , oke ! aku merasa ini sudah bagian sambutan selamat datang dari penghuni FEB. Bulu kuduk ku pun merinding, kami memutuskan untuk duduk sejenak , sambil beristirahat. Di dekat Ruang Baca yang di kenal angker dan penuh mahkluk halus. Ternyata Ilmi sudah janjian dengan temanya yang bisa melihat mahkluk halus.
Yuka mulai menceritakan kisahnya kepada kami , “ Di semua Universitas sih ada hantunya, apa lagi disini, dulu sih aku pernah waktu di ruang baca, aku udah tau  kalau didepanku ada mahkluk halus yang berpura – pura jadi mahasiswi, aku cepet – cepet ringkes – ringkes buku, eh tiba – tiba cewek itu datang mendekat, terus bilang :
MH ( Mahkluk Halus ) : Mau kemana ?
Yuka : Mau pulang mbak, udah sore
MH : Udah sore atau sudah tau ? “.
Yuka hanya menjawab tersenyum sambil pergi dari hadapan mahasiswa jelmaan itu.
Ternyata tidak hanya itu, dulu kata Yuka, waktu kuliah malam di ruang 211, tiba – tiba dosenya marah  marah, “ Heh ! Kalian yang di belakang ! Kalau mau rame pulang aja, gag  usah ikut kuliah saya ! “ Padahal pada saat itu gag  ada mahasiswa yang duduk di bagian belakang. Yuka pun melihat mahkluk halus itu keluar melalui jendela.

Ni Ketut Ayu Nirmala K. 070915042 




1 comment: