Monday, May 16, 2011

Abdi Mahasiswa pada Masyarakat

Ada yang berbeda dari program orientasi mahasiswa baru atau ospek di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR). Bila pada umumnya ospek berisi pengenalan para mahasiswa dengan kampus serta senior-seniornya. Namun tidak demikian di fakultas ini. Selain ikut malam keakraban, mahasiswa baru juga diwajibkan untuk membuat dan merealisasikan satu buah proyek sosial sebagai tugas ospeknya.

Atas dasar itulah pada Minggu, tanggal 22 Mei 2011 yang akan datang, mahasiswa Psikologi angkatan 2011 mengadakan program Psibucil (Psikologi-Bulak Cinta Lingkungan). Sesuai dengan namanya, program ini akan diadakan di Desa Bulak, Kecamatan Sukolilo, Kenjeran, Surabaya. Rencananya, selama satu hari program akan dibagi menjadi dua acara yang dilakukan dalam waktu bersamaan.

Acara yang pertama adalah kerja bakti mahasiswa bersama warga RW 03 Desa Bulak. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kebersihan lingkungan di kalangan masyarakat. Dengan semangat berbagi, mahasiswa-mahasiswa Psikologi angkatan 2010 ini membantu membuat desa bersih dan juga menyediakan jajanan dan air mineral untuk dikonsumsi setelah lelah bekerja bakti.

Kegiatan yang kedua ditujukan kepada anak-anak warga. Teater boneka dari Fakultas Psikologi akan menjadi salah satu pengisi acara tersebut. Selain T-bone (teater boneka), juga akan ada permainan-permainan kecil serta lomba menggambar. Rangkaian acara itu diharapkan dapat memberi hiburan bagi mereka.

Kedua acara terpisah tersebut akan diakhiri pada pukul 10 pagi. Acara lalu dilanjutkan dengan penanaman pohon dan tanaman-tanaman lain oleh perwakilan dari warga sekitar dan anak-anak dari Desa Bulak. Pukul dua siangnya dijadwalkan untuk pengumuman pemenang lomba serta dimulainya acara puncak dari program sosial ini, yaitu Pasar Murah.

Pasar Murah ini akan diisi dengan para mahasiswa Psikologi yang berjualan sembako. Tapi jangan salah, mereka tidak hanya sekedar berjualan. Sembako yang dijual akan diberi harga yang lebih murah dibandingkan harga normal. Beras, mie instan, minyak goreng, serta gula merupakan bahan-bahan pokok yang akan dijual di Pasar Murah ini.

“Misalnya mie instan yang di toko-toko harganya 1500, kita nanti jualnya 1000 aja’” kata Dewi, salah satu panitia Psibucil.

Program sosial yang digagas oleh para mahasiswa ini utamanya bertujuan untuk berbagi dengan orang-orang yang kurang beruntung. Selain merupakan kewajiban untuk tugas ospek, mereka mengadakan kegiatan ini karena didasari oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurut mereka, peran serta mahasiswa tidak hanya dibatasi pada kewajiban akademis dan dalam lingkungan kampus saja, melainkan juga tindak nyata di dunia luar, sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.

(by Arifiana Shima E.)
(070915003)

No comments:

Post a Comment