Monday, May 16, 2011

Cerdaskan Anak Bangsa Melalui Cerita



Media pembelajaran untuk anak-anak ternyata tidak harus melalui bidang akademik. Banyak cara yang bias dilakukan agar anak mendapatkan pengetahuan dengan metode yang menyenangkan.jika anak merasa senang saat menjalani sesuatu, tentu ilmu yang diperoleh akan maksimal. Salah satu metode pembelajaran menyenangkan adalah melalui cerita. Cerita merupakan rangkaian dialog panjang yang mempunyai suatu alur dan pembelajaran yang bias diambil setelah membaca cerita tersebut.
            Berbeda dengan cerita kebanyakan yang biasanya disajikan melalui buku bacaan, terdapat satu penemuan unik yang lebih efektif daripada membaca. Ya,dengan memanfaatkan indera pendengaran lengkap dengan musik latar bak drama musical, tercptalah cerita anak melalui format audio. Beberapa tahun yang lalu telah tercipta progam dongeng anak dengan format audio yang bisa didengarkan melalui telepon. Namun, pendengar harus mengeluarkan biaya yang tidak cukupmurah untuk bisa mendengar dongeng dengan durasi yang cukup lama.
Enam orang kreatif dimana dua diantaranya merupakan dosen pengajar Fakultas psikologi Universitas Airlangga Surabaya Rudy Cahyono, M.Psi dan Bukik telah menggagas program baru yang lebih cerdas. Program tersebut bernama Indonesia Bercerita. Dimana menyediakan podcast (mp3)yang berisi cerita-cerita anak yang bisadiunduh secara gratis melalui internet. Selain mengunduh, siapapun juga berhak menyebarluaskan. Karena semakin banyak anak yang mendengar,akan semakin baik. Podcast tersebut lengkap dengan desain audio khas anak-anak, seperti musik latar, serta suara sang pendongeng sesuai isi cerita. Visi program ini hanya satu, yaitu mendidik anak-anak bangsa melalui cerita.
            Anak-anak yang mendengar postcast ini dibebaskan untuk berimajinasi sesuai pikirannya masing-masing. Melihat selama ini, melaluin buku dongeng bergambar anak biasa dituntun jika ceritanya seperti ini maka gambarnya begini. Dengan adanya podcast ini diharapkan agar para orang tua bisa menerapkan cara belajar yang menarik ini bagi anaknya, sehingga anakpun bisa enjoy. Metode belajar ini dapat diterapkan dalam pendidikan formal maupun informal
“Seperti halnya pertanyaan, cerita juga merupakan sistem terbuka yang berfungsi membuat stimulus untuk perubahan perilaku. Selain lebih menghibur juga merangsang imajinasi dan memperbanyak kemungkinan efek perilaku yang diinginkan, sehingga efek positif dari metode bertanya juga terkandung dalam bercerita. “ujar Rudi Cahyono, chief creative officer Indonesia Bercerita yang juga dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
            Banyak keunggulan yang bisa didapat melalui metode ini, diantaranya aksesnya yang bisa digunakan oleh siapapun. Orang di luar jawa sekalipun bisa mengakses metode ini melalui internet. Selain itu,cara pengaksesan yang murah juga merupakan salah satu keunggulan utama metode ini. Selain itu, setiap orang yang tertarik untuk berbagi cerita dan pengalaman imajinatif mengenaidunia anak, bisa menyumbangkan cerita dengan tema apapun,asal masih dalam konteks anak-anak. Rentang usia anak-anak adalah dari umur 3-18 tahun. Jadi, bukankah metode ini mengandung banyak manfaat? Bagi pendongeng Indonesia yang ingin berbagi,orang tua, sekaligus anak-anak yang ingin belajar?


No comments:

Post a Comment