Monday, May 16, 2011

Kampus Kotor, Mahasiswa Tutup Mata

Siapa yang tidak tahu dengan kampus, sebuah tempat dimana mahasiswa, dosen, dan orang – orang yang berkepentingan di kampus tersebut melakukan kegiatan perkuliahan dan pekerjaan lainnya setiap harinya. Tentu saja akan lebih menambah semangat mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar dan mencari ilmu, bila kebersihan kampus itu sendiri selalu terjaga dengan baik. Pemandangan yang terbalik dari kenyataan dan cukup dikatakan ironis, ternyata di Kampus FISIP Universitas Airlangga ini masih sering ditemukan sampah yang mengganggu kebersihan antaranya puntung rokok, bungkus plastik bekas krupuk, botol air mineral, kertas – kertas yang sudah tidak terpakai dan lainnya yang berserakan di hampir semua sudut kampus.

Potret buram ini sepertinya sudah biasa bagi mahasiswa FISIP Universitas Airlangga ini, buktinya mereka terlihat tidak peduli dengan keadaan kampus yang kurang bersih. “tugas kami kan cuma kuliah” celetuk Riesca (20) seorang mahasiswi program studi Administrasi Negara yang juga aktif di kegiatan HIMA nya. Hal yang sama juga dikatakan Rizky Afriansyah (18) “ Kebersihan sudah ada yang mengurusi, jadi mahasiswa tidak perlu ikut-ikutan” yang saat ditemui sedang bersantai di tangga lobby bersama temannya.

Salah satu staff bagian kebersihan kampus FISIP yang tidak mau disebutkan namanya mengaku bahwa sering adanya mahasiswa yang bermalam di galeri kampus menambah banyaknya sampah dan ditambah lagi ada sampah – sampah bekas pembakaran yang disinyalir merupakan bekas pembakaran makanan seperti ayam dan ikan yang menurut narasumber, dilakukan oleh suatu kelompok perkumpulan di salah satu program studi di FISIP. Narasumber ini menambahkan bahwa sebenarnya pihak sarana dan prasana dan bahkan wakil dekan pun sampai pernah turun tangan sendiri untuk menegur mahasiswa –mahasiswa yang menurut narasumber, sebagian meastinya sudah di Drop Out. Namun, teguran tersebut hanya ditanggapi pada hari itu saja, hari selanjutnya akan diteruskan kembali. Hal ini disebabkan karena belum ada kebijakan dari FISIP sendiri yang aturan tersebut memaksa agar mahasiswa tidak mengijinkan mahasiswa untuk bermalam di kampus dan melakukan kegiatan yang semestinya tidak dilakukan di lingkungan kampus.

Haulah Citra Kusuma Wardhani

070915052

No comments:

Post a Comment