Monday, May 16, 2011

CS2 2011 Sukses Tarik Antusiasme Mahasiswa Indonesia

Siang (14/05) kemarin, kelas C-104 Fisip Unair terasa 'panas'. Di dalamnya terlihat beberapa mahasiswa dari berbagai Universitas tengah sibuk berdebat mengenai cyber village. Saking serunya, moderator, yang juga mahasiswa, sedikit kewalahan mengontrol jalannya diskusi. Para mahasiswa tersebut adalah merupakan peserta Call For Paper dalam acara Diskusi Nasional yang diadakan oleh Departemen Komunikasi Fisip Unair.

Diskusi Nasional ini merupakan salah satu dari acara Communication Student Summit 2011. Acara yang diselenggarakan di Gedung C Fisip Unair ini melibatkan setidaknya 24 tim dari lima belas universitas yang berbeda. Universitas tersebut adalah Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Gunadarma, Universitas Paramadina, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jogjakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Wachid Hasyim, UIN Sunan Kalijaga, Instika Sumenep, Universitas Udayana, Universitas Jendral Sudirman, Universitas Muhamadiyah Surakarta, dan Universitas Hasanudin

Communication Student Summit 2011 merupakan ajang bagi mahasiswa S-1 se-Indonesia untuk menuangkan gagasannya melalui karya tulis ilmiah. Acara yang disebut CS2 ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Departemen Komunikasi FISIP Unair yang ke-23. Acara yang berlevel nasional ini merupakan acara tahunan dan tahun ini merupakan tahun kedua. "Dulunya, acara ini bernama Commitment. Atas beberapa saran dari teman dan dosen, kami mengganti nama acara ini dengan Communication Student Summit. Nama ini akan menjadi trademark dari Komunikasi Unair", jelas Rani Sukma Ayu Suteja, ketua Acara CS2.

Tahun ini CS2 mengusung tema Media, Cyberspace, dan Society dengan sub tema Internet: Problematika dan Dinamika dalam Masyarakat. "Tema ini menarik untuk dibahas mengingat dalam waktu hanya lima tahun saja internet memiliki pengaruh besar terhadap dunia", tegas mahasiswi semester empat ini. "Selain itu, kami ingin mengajak teman-teman mahasiswa untuk merenungkan dan memahami isu-isu yang ada karena kehadiran internet ini", lanjutnya. Ternyata tema ini mampu menarik minat para mahasiswa se-Indonesia. Terbukti sebanyak 353 abstrak diterima panitia dan terpilih 30 tim yang akhirnya maju mempresentasikan abstraknya pada saat acara berlangsung. Namun sayang, hanya 24 tim yang dapat menghadiri Diskusi Nasional.
Acara dibuka sekitar pukul 09.00 WIB oleh Dekan FISIP, I Basis Susilo. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan  pemberian sedikit materi mengenai internet oleh Kandi Aryani selaku Keynote Speaker yang merupakan dosen Komunikasi. Acara kemudian berlanjut dengan diskusi panel. Peserta menuju panel-panel yang sesuai dengan subtema paper masing-masing. Terdapat delapan panel yang terbagi dalam dua sesi. Masing-masing panel berisi dua hingga tiga tim.

Masing-masing peserta tampak siap dengan materi dan presentasi yang akan mereka sajikan. "Saya dan tim saya merasa siap dengan apa yang akan kami sajikan. Tapi tetep saja deg-degan. hehe" cerita Nisa, peserta dari Universitas Indonesia. Perasaan yang sama pun dialami oleh Lita Permata Sari, peserta dari Universitas Brawijaya Malang, "Ini pertama kali aku lolos ke tingkat nasional, agak gugup sih. Tapi, insya Allah sukses presentasinya."
Acara yang dieksekusi oleh Hima Komunikasi ini mendapat dukungan penuh dari pihak dosen dan dekanat Fisip. Walau masih terdapat beberapa kekurangan, acara tahun ini ternyata dapat berjalan dengan sukses. "Saya mau lagi menjadi peserta Call For Paper CS2 ini. Saya belajar banyak dari perspektif yang berbeda." ujar Novi Trilisiana peserta dan wakil dari Universitas Negeri Yogykarta. Hal yang senada juga diungkapkan oleh I Komang Ana Mahardika, peserta dari Universitas Udayana Bali. "Seru deh! Selain saya belajar dan mendapat banyak pengetahuan baru. Saya juga dapat teman-teman baru. Acaranya pun dikemas menarik. Saya jadi nggak ngerasa seperti sedang berlomba. hehe," ujarnya.

Kesuksesan acara nasional ini menggugah antusias para mahasiswa beserta jajaran dosen komunikasi Unair. Rencananya, dalam dua tahun yang akan datang Departemen Komunikasi ini akan membawa acara CS2 ini ke tingkat internasional. "Pihak kami telah berencana untuk mengusung acara ini ke tingkat internasional. Semoga dapat terealisasi dan berjalan dengan baik." ujar Yuyun W. I. Surya , selaku Ketua Departemen Komunikasi, dalam sambutannya.

No comments:

Post a Comment