Sunday, May 15, 2011

IMAJAS Rekatkan Keakraban dengan Olahraga

Surabaya – Ikatan Mahasiswa Jakarta se-Surabaya, begitulah kepanjangan dari IMAJAS. Komunitas tersebut terdiri dari sebagian besar mahasiswa Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh  November, ITATS dan beberapa Universitas lainnya di Surabaya. Berbagai kegiatan diadakan oleh IMAJAS untuk merekatkan keakraban anggota IMAJAS satu dengan lainnya, salah satunya dengan kegiatan olahraga. 

“Olahraga ini diadain karena kita kan sama-sama suka olahraga dan satu lagi buat ngerekatin anak-anak IMAJAS,” ungkap Ewin, Ketua IMAJAS. 

Berbagai kegiatan olahraga diadakan oleh IMAJAS seperti futsal, basket dan bersepeda, atau biasa disebut “gowes”. Kegiatan tersebut rutin dilakukan oleh anggota IMAJAS, namun tidak semua anggota IMAJAS yang  mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan olahraga yang pertama kali diadakan adalah bersepeda bersama.
Kegiatan bersepeda bersama ini awalnya diadakan pada bulan Maret 2011. Ratantyo mengatakan bahwa anggota IMAJAS memulai olahraga sepeda ini sejak beberapa anggota IMAJAS memiliki sepeda fixie. Bersepeda bersama ini  biasa diadakan setiap hari Minggu Pagi hari saat Pemerintah Surabaya menerapkan ‘Car Free Day’, dan pada hari Jumat malam (night ride). Rute pagi gowes selalu dimulai dari Circle K Klampis pukul 06.00-10.00. Sedangkan untuk Jumat malam, gowes diadakan pukul 19.00-Tempat tujuan gowes biasanya menuju ke Taman Bungkul atau menuju ke Perak dan daerah Pakuwon Trade Center. 

gowes : Bersepeda pagi bersama anggota IMAJAS

“Kalo hari Minggu pagi, kumpul awalnya di CK Klampis, dari situ ke Taman Bunngkul. Setelah itu baru cari sarapan. Kalo yang malem kumpulnya juga di CK Klampis, dari situ biasanya cari tempat-tempat nongkrong atau cari-cari spot  foto yang bagus,” tutur Ratantyo, mahasiswa Fakultas Hukum UNAIR, koordinator gowes

“Manfaat  gowes supaya badan nggak diem doang di rumah aja. Kalo ditanya kenapa milih gowes? Ya karena suka aja, hitung-hitung sebagai hobi baru selain basket,” ungkap Elga mahasiswi Psikologi UNAIR angkatan 2009, yang rutin mengikuti bersepeda ini.
 
Olahraga Futsal IMAJAS biasa diadakan pada hari Jumat malam atau pada Minggu sore. Untuk jam latihan tergantung dari tersedianya lapangan Futsal yang akan disewa. Kegiatan futsal IMAJAS telah diadakan sejak bulan Mei 2011. Di akhir bulan Mei, tepatnya pada tanggal 30 Mei 2011, Futsal IMAJAS akan mengikuti kompetisi futsal yang akan diadakan oleh FKM UNAIR. Kompetisi futsal akan diikuti oleh anggota IMAJAS dari angkatan 2007, 2008, 2009 dan 2010.

“Persiapannya sih kita udah mulai latihan rutin. Kalau untuk pelatih baru mau jadiin salah satu anggota IMAJAS untuk jadi coach,” ujar Ditri, salah satu koordinator futsal yang juga anggota IMAJAS. 

Futsal IMAJAS menyewa lapangan Futsal untuk berlatih. Lapangan futsal yang digunakan tergantung ketersediaan lapangan. Setiap anggota IMAJAS yang mengikuti Futsal membayar biaya sewa lapangan sebesar Rp 100.000-Rp 150.000 (tergantung lapangan yang disewa) secara kolektif. Latihan futsal  diadakan kembali pada tanggal 15 Mei di Lapangan Hans Futsal, yang terletak di jl.Panjang Jiwo, pukul 17.00.

“Biasanya latihan di Viva Marina atau Hans Futsal. Pernah juga latihan futsal di Kutisari,” ujar Ditri.
 
Basket : Beberapa anggota IMAJAS bermain basket
Selain olahraga futsal dan bersepeda bersama, anggota IMAJAS juga pernah mengadakan kegiatan olahraga basket. Namun kegiatan ini hanya beberapa kali saja diadakan karena sulitnya mengatur jadwal latihan dengan kegiatan kuliah yang diikuti anggota IMAJAS yang mengikuti basket. Ratantyo mengakui bahwa hanya sedikit dari anggota IMAJAS yang bisa bermain basket. (aak)

Amanda Anindita Kirana 070915045

No comments:

Post a Comment