Saturday, May 14, 2011

Therapy Sehat, Ajak Masyarakat Sekitar Unair


Setiap hari Minggu pagi di pelataran Fakultas Ekonomi dan Bisnis selalu dipenuhi puluhan orang dewasa yang sedang mengikuti senam. Senam yang diadakan oleh organisasi Cakra Wiweka ini dimulai dari pukul 06.00 sampai pukul 08.00 pagi. Para pesertanya pun umum dan tidak dibatasi. Siapa saja boleh mengikuti senam terapi sehat cakra wiweka ini.

Senam ini mempunyai manfaat dalam olah konsentrasi otak mandiri. Mandiri disini maksudnya adalah olah konsentrasi dengan niat yang dilaksanakan dengan pengendalian pikiran dan pengendapan emosi yang dilakukan sendiri, tanpa bantuan orang lain. Salah satu bentuk pelatihan dalam Senam Therapy Sehat Cakra Wiweka ini adalah gerak Palerman. Dimana gerakannya mencerminkan olah konsentrasi untuk kecerdasan otak. Selain itu, untuk mencapai keseimbangan kinerja otak kanan dan otak kiri agar terjadi keseimbangan yang stabil. Lebih lanjut, hal itu akan menyebabkan tidak mudah stress maupun terkena serangan stroke, serta menghambat penuaan dini.

Manfaat lain adalah untuk membersihkan energy kotor, dalam hal ini adalah penyakit, dalam bentuk partikel radikal bebas yang merupakan residu (sisa) yang tidak berguna . energy kotor itu lalu dikeluarkan melalui ubun-ubun menuju alam semeta. Energi kotor yang diantaranya adalah karbon monoksida ini ditangkap dan diserap oleh tumbuh-tumbuhan melalui dedaunan lalu dikirim ke bumi untuk dinetralisir. Mengingat bumi adalah pusat netralisir energy.

Sirkulasi alam inilah yang dimanfaatkan sebagai Senam Therapy Sehat Cakra Wiweka. “Senam ini begitu multifungsi, dapat membantu memelihara beberapa organ tubuh sekalipun. Patut dicoba bagi masyarakat yang masih peduli dengan kesehatan jasmani serta rohaninya” ujar Slamet Soeharto, Koordinator pelaksana Senam Therapy Sehat Cakra Wiweka unit Airlangga.

Menurut Pembantu Dekan II, I Made Sudana, Unair sebagai sebuah Universitas Negeri, berfungsi sebagai pengabdian masyarakat. Dengan menyediakan tempat untuk melaksanakan senam sehat ini, otomatis tujuan untuk menyejahterakan masyarakat di sekitar pun bisa terwujud. Menyejahterakan disini, maksudnya bukan menjamin kesejahteraan setiap masyarakat, karena itu bukan tugas institusi pendidikan.

Melainkan, turut serta memberi fasilitas untuk warga sekitar guna menjalin hubungan baik. Fasilitas yang diberikan tak hanya tempat saja, tetapi juga aliaran listrik untuk menunjang kelancaran ketika senam berlangsung. Itu semua tanpa dipungut biaya sedikitpun. Jadi, pihak panitia dari Cakra Wiweka hanya melakukan persetujuan dengan pihak Dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis tanpa penarikan biaya.

Unair sebagai salah satu Universitas terkemuka di Jawa Timur, tentu akan berusaha menjaga hubungan baik, terutama dengan masyarakat sekitar. Agar masyarakat sekitar juga bisa memberikan feedback positif untuk citra Unair kedepannya. Itu merupakan salah satu pendekatan intern yang bisa diterapkan untuk menarik perhatian masyarakat, yaitu melalui olahraga.

Roidatul Ula A’izah
(070915033)

No comments:

Post a Comment