Tuesday, May 17, 2011

Rintis Optimalisasi E-Learning


Ada banyak cara untuk belajar. Mulai dari mengamati hal-hal kecil di sekitar kita, mendengarkan penjelasan dosen di kelas, mengadakan tutorial, atau bahkan memanfaatkan teknologi yang ada. Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga nampaknya mulai menyentuh penggunaan teknologi internet sebagai sarana pembelajaran.

Hampir semua departemen yang ada di Universitas Airlangga telah disediakan domain untuk membuat situs masing-masing. Tapi tidak semua departemen memanfaatkan peluang ini sebagai sarana untuk mengembangkan diri. Sebaliknya, Departemen Akuntansi FE Unair mulai mencoba mengaktifkan kembali websitenya.

Website ini nantinya akan dikelola juga oleh mahasiswa. Tepatnya mahasiswa yang menjadi anggota Divisi Infokom Himpunan Mahasiswa Akuntansi FE Unair.  “Pengembangan ini kami lakukan karena kami ingin membuka akses baru bagi masyarakat dan rekan-rekan mahasiswa untuk mendapat informasi seputar Departemen Akuntansi FE Unair”, jelas Astrini Aning, pengelola sekaligus anggota Divisi Infokom.  “Selain itu, website ini dibuat sebagai penghubung antara dosen dan mahasiswa juga”, lanjutnya.

Ide awal pengaktifan website ini sudah muncul sejak tahun 2010 lalu. Namun kendala sumber daya manusia membuat pengerjaan website ini tertunda setahun. “Maunya sih sudah dikelola tahun kemarin. Tapi kami belum dapat orang yang bisa mengoperasikan dan mendesain website ini. Baru dapat SDMnya tahun ini. “ papar Aning, begitu ia disebut.  Mahasiswa yang dimaksud Aning adalah Abdilah, mahasiswa semester empat yang juga merupakan programmer KRS online.

Sampai berita ini diturunkan, website resmi Departemen Akuntansi FE Unair masih dalam proses pembuatan. “Sekarang Abdilah lagi buat template untuk situsnya. Sedang teman-teman Infokom lain tengah mempersiapkan artikel yang kiranya akan dimuat pada saat launching website ini”, jelas mahasiswi semester empat ini. Dalam pengerjaannya, divisi Infokom Hima Akuntansi FE Unair dibantu oleh salah satu dosen yaitu Imam. Selain mengawasi dan mengontrol jalannya pengerjaan website, Imam juga membantu Abdilah mempersiapkan templatenya.

Saat mengerjakan website ini, Imam mencetuskan sebuah ide untuk membuat portal dalam website ini khusus untuk e-Learning. Imam mengusulkan membuat satu bagian tersendiri yang berfungsi untuk menghubungkan dosen dan mahasiswa baik untuk hal akademis mau pun non akademis. “Ini masih sekedar rencana dari kami sih. Teman-teman dan dosen sedang mengusahakan satu bagian khusus ini”, jelas Aning.

Rencananya, bagian ini akan dibuat seperti milis dimana dosen dapat mengumumkan tugas-tugas, memberikan bimbingan skripsi, memberikan tutorial atau materi kuliah, dan sebagainya. Selain itu, website ini juga akan berisi hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan Hima Akuntansi FE Unair. “Jadi, nanti Hima Akuntansi dapat dengan mudah mempromosikan acara yang diselenggarakan oleh Hima.” Ujar alumnus SMAN 5 Surabaya ini. Selain itu, menurutnya, website ini dapat digunakan menarik perusahaan untuk menjadi sponsr di kegiatan yang diadakan HIma Akuntansi. “yah tapi itu masih nanti lah. Semuanya kami kerjakan secara bertahap”, imbuhnya.

Aning dan teman-teman pengelola website Departemen Akuntansi mentargetkan penyelesaian website ini hingga akhir Mei. Usaha yang dilakukan oleh tim kecil itu pun menjadi lebih besar. “Kami harap kami sanggup menyelesaikan proyek ini tepat waktu dan hasilnya bisa bagus. ” harap cewek yang berumur dua puluh tahun ini.

No comments:

Post a Comment