Saturday, May 14, 2011

FFFFF, Cari Keringat Sekaligus Menjalin Keakraban


     SURABAYA – Futsal, seperti yang kita tahu telah menjadi olhraga favorit di Indonesia khususnya di Surabaya akhir-akhir ini. Banyak orang yang memainkan olahraga yang hamper mirip dengan sepakbola ini. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sangat menggemari permainan lima lawan lima ini. Alasannya adalah olahraga ini memiliki kemiripan dengan sepakbola, dimana sepakbola merupakan jenis olahraga yang paling popular di Negeri kita tercinta ini. Maka dari itu olahraga futsal mudah untuk masuk dan mendapat tempat di hati penggemarnya.

     Dari sekian banyak orang yang menyukai futsal, kebanyakan yang memainkan olahraga ini adalah anak muda, terutama mahasiswa. Bila kita melihat di lapangan-lapangan futsal yang ada kebanyakan kita akan menemui banyak sekali mahasiswa yang memainkan olahraga yang dimainkan menggunakan kaki ini.

     Dari sekian banyak kelompok-kelompok mahasiswa yang membentuk tim futsal, salah satunya adalah tim futsal yang dibentuk oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Mereka merupakan kumpulan mahasiswa yang gemar dengan olahraga yang identik dengan laki-laki ini. Semua yang ikut latihan seluruhnya merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unair, karena memang kegiatan ini dibentuk untuk mempersatukan semua angkatan serta untuk menyalurkan hobi para anggotanya. “Kalo futsal ya cumin sekedar menyalurkan hobi dan mencari keringat biar sehat”, ujar Dreses yang notabene adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Unair yang ikut berbartisipasi dalam tim futsal ini. “Walaupun saya mainnya asal-asalan yang penting seneng”, lanjut pria yang lahir tanggal 30 Desember 1991 itu.

     Setiap hari jumat malam para mahasiswa ini latihan futsal di salah satu lapangan futsal yang berada di daerah Panjang Jiwo yang bernama Hans Futsal. Tidak tentu waktu yang digunakan mereka untuk berlatih futsal, kadang tiga jam kadang malah hanya dua jam saja, tergantung jumlah orang yang datang di lapangan futsal yang tempatnya bersebelahan dengan SPBU Panjang Jiwo tersebut. “Nama tim futsal ini adalah Freaky Friday Fun Futsal Family, yang biasanya disingkat FFFFF”, ujar Joko Risqi, yang juga merupakan mahasiswa angkatan 2007 Ilmu Komunikasi Unair. Pria berkacamata tersebut juga adalah penggagas ide untuk membuat seragam atau yang biasa disebut jersey untuk lebih menyempurnakan tim futsal ini. “Tim futsal ini mulai ada sejak tahun 2007” kata pria yang akrab disapa Joki ini.

     Agenda selain membuat jersey adalah sparring untuk menguji seberapa kuat tim ini dan menambah pengalaman. Dengan adanya lawan yang lebih bayak dan lebih bervariasi maka akan menambah kemampuan para anggota FFFFF dalam bermain futsal. Walaupun sebagian anggota hanya menganggap tim futsal ini sebagai ajang bersenang-senang saja tetapi tidak sedikit juga anggotanya yang menginginkan tim ini untuk ikut kompetisi. Maka dari itu dibuatlah jersey untuk mendukung tim saat ikut kompetisi. Misalnya adalah kompetisi futsal antar jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga sekitar satu tahun yang lalu.

     Setiap ada angktan baru yang baru masuk di Komunikasi Unair, para angkatan yang lebih tua selalu mengajak para mahasisa baru ini agar bisa lebih akrab. Memang para angkatan muda ini malu-malu karena merasa belum kenal, tetapi lambat laun mereka bisa akrab satu sama lain. Dalam waktu hanya satu bulan saja keakraban itu sudah bisa dilihat, baik ketika main ataupun saat berbincang-bincang setelah bermain fulsal. Sekali lagi ternyata olahraga memang bisa mempersatukan orang. (Dreses Putranama / 070915055)

No comments:

Post a Comment