Monday, May 16, 2011

Kuliah Libur, Warga Manfaatkan Lahan Unair Jadi Area Olahraga

ASIK: Para pemuda asal Gubeng Klingsingan asik bermain sepak bola di lapangan parkir Fisip
Rutinitas kuliah mahasiswa Universitas Airlangga memang selalu terlihat ramai mulai hari senin sampai jumat. Ini bisa dilihat dari lalu lalang mahasiswa dan juga tempat parkir yang senantiasa dipadati kendaraan bermotor. Kegiatan ini akan terus berlangsung mulai pukul 06.00 pagi hingga 20.00 malam. Keadaan ini tentu berbanding terbalik bila kita berkunjung ke Universitas Airlangga di hari libur sabtu dan minggu. Memang tidak ada keramaian mahasiswa dan kendaraan bermotor disana. Namun, dihari sabtu dan minggu pagi beberapa tempat parkir tampak dipadati oleh segerombolan pemuda.
“Kita biasa main sepak bola disini rame rame bertujuh,” buka Wahyu Andri yang ditemui pagi itu (14/05). Pemuda yang akrab dipanggil Wahyu ini memang sengaja membawa ketujuh temannya untuk bertanding sepak bola dilapangan parkir Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Kampus B. Lapangan parkir FISIP memang tidak bisa dibilang luas. Namun Wahyu dan teman temannya berhasil menyulap lapangan parkir berukuran 15x15 meter ini menjadi sebuah area pertandingan sepak bola yang mengasikkan. “Menurutku disini lapangan parkirnya enak, mirip lapangan futsal dan lebar jadi asik aja buat main,”ujar Wahyu sembari tertawa.
Wahyu dan teman temannya bukanlah mahasiswa Universitas Airlangga. Mereka adalah pemuda berasal dari salah satu kampung yang tak jauh dari kawasan Unair yaitu Gubeng Klingsingan Airlangga. “Dikampung kami nggak ada lapangan sepak bola atau lahan yang bisa dipakek olahraga, nah di Unair ini kan kalo sabtu minggu libur jadi parkirannya kosong ya kita ke sini aja”tambahnya. Tak hanya para pemuda asal Gubeng Klingsingan Airlangga menjadikan Unair sebagai lahan olahraga namun ada juga beberapa pemuda asal Karamenjangan Gang I yang menjadi lawan bermain Wahyu pagi itu.
Lapangan parkir Fisip bukan satu satunya area olahraga yang menjadi jujukan pemuda sekitar. Ada juga lapangan parkir kawasan PPKK (Pusat Pembinaan Karier dan Kerja) dan perpustakaan yang ramai dipadati warga pagi itu. “Kalo disini cepet cepetan datangnya kalo telat ya nggak dapet lapangan,”papar Wahyu. Pihak Universitas sendiri tidak pernah memberikan teguran dengan dipakainya lapangan parkir ini karena dilakukan pada hari libur kuliah. 
Danau di kawasan kampus C Unair yang selalu ramai dihari libur oleh warga sekitar
 
Memang benar, pada hari sabtu minggu pagi kawasan Universitas Airlangga selalu dipadati oleh warga sekitar yang berolahraga ataupun sekedar berjalan jalan. Namun, berbeda dengan Kampus B yang sering dipilih warga untuk bermain sepak bola. Di Kampus C ini warga memanfaatkan Danau yang berada di depan gedung rektorat untuk jalan jalan menikmati minggu pagi. Senada dengan Lailul Illiyah warga Mulyorejo Utara yang mengaku sering berkunjung tiap minggu pagi di kawasan Universitas Airlangga  Kampus C. “Aku sering kesini buat jogging soalnya suasananya enak dan rame,” terang Lailul.
Minggu pagi memang waktu paling tepat untuk menghabiskan waktu bersantai melepas penat. Rutinitas harian selama seminggu yang cukup melelahkan ada baiknya diimbangi dengan memberikan sebagian porsi waktu untuk merenggangkan otot yang kaku. Ya benar sekali, olahraga lah yang dibutuhkan.  Tak perlu binggung untuk memikirkan berapa budget yang diperlukan disisihkan untuk berolahraga. Mengajak beberapa teman untuk bermain sepak bola atau sekedar jogging bukan hal yang mahal kan?? (din)


No comments:

Post a Comment