Saturday, May 14, 2011

FISIP, Tak Hanya Jago Demo

                Seringkali FISIP dipandang sebelah mata diantara fakultas-fakultas lainnya yang ada di Unair. Mahasiswanya terkenal bengal dengan mode pakaian dan rambut yang nyentrik. Jangan heran kalau setiap mahasiswa yang berpakaian kurang rapi, seringkali di tanya “dari FISIP ya?” atau justru sebaliknya, jika mahasiswa FISIP kelewat rapi, banyak yang sangsi. Begitulah kebanyakan orang menilai kapasitas seseorang dengan tampilannya. Don’t judge student by its cloth!! Sepertinya pepatah ini harus mulai dipopulerkan. Mahasiswa FISIP tak kalah prestasinya dengan fakultas lain. Dibidang olahraga pun, FISIP bisa dibilang yang paling mumpuni dan membawa nama Unair harum di kancah nasional.

                Kemenangan tim basket Unair tak lepas dari sebagian besar pemainnya yang berasal dari FISIP. Basket Unair bersaing ketat dengan Ubaya dalam basket mahasiswa di Surabaya. Untuk membawa nama fakultas sendiri, beberapa cabang olahraga berhasil dimenangkan dalam even olahraga tingkat nasional. Yang paling baru, awal tahun saja FISIP sudah membawa angin segar berupa gelar juara basket nasional. Tim Basket FISIP UNAIR berhasil meraih juara pertama dalam turnamen Administrasi UI 2011.  Pertandingan ini dilaksanakan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, pada tanggal 19-22 Januari 2011 lalu. Dalam turnamen ini, yang membanggakan tim FISIP UNAIR selalu unggul ditiap pertandingan. Mereka belum pernah kalah ketika bertanding.

            Dicabang olahraga yang masih tergolong baru untuk dikompetisikan – Futsal, FISIP juga tak kalah jago. Dalam TPHP Java Cup yang diadakan Universitas Gajah Mada februari lalu, FISIP berhasil lolos dalam 16 besar. Pesertanya tak main-main, datang dari seluruh Indonesia dan berjumlah 32 tim. Meski tak memborong gelar juara kemenangan ini cukup memuaskan, pasalnya yang dikirim adalah personil-personil angkatan muda. “paling tua angkatan 2008,” kata Mirza Mahlevi, selaku manager. Awalnya hanya ingin mencari kemenangan, tapi hasilnya ternyata sudah memuaskan. Untuk kompetisi selanjutnya, tim Futsal jelas lebih percaya diri untuk merebut gelar juara.

            Sebenarnya, sudah menjadi statement lama yang diklaim BEM FISIP, bahwa FISIP tidak hanya jago demo, tapi juga berprestasi – tak terkecuali olahraga. Klaim ini pernah disampaikan presbem FISIP 2009-2010 ketika FISIP memborong gelar juara di Student Week 2010. Juara umum berhasil diraih dengan enam kemenangan sekaligus. Waktu itu, FISIP berhasil menyabet gelar juara 1 untuk tenis putri dan juara 3 untuk tenis putra. Voli putra juga mendapat kehormatan di tempat ke tiga. Futsal berhasil merebut juara 1 dan yang paling membanggakan tim basket putra putri FISIP berhasil mengawinkan gelar juara 1.

                Keberhasilan ini bukanlah tanpa usaha. Berbagai macam support diberikan kepada mahasiswa dari fakultas dan ikoma lewat program-program BEM di bidang olahraga. Strategi peningkatan mutu dilakukan BEM untuk olahraga sejak tahun 2010 dengan memecah divisi budaya dan olahraga menjadi terpisah, agar lebih fokus. Sejak itu program kerja keolahragaan menjadi lebih efektif. Selain masing-masing acara departemen disupport mengadakan lomba keolahragaan, BEM sendiri mempunyai agenda. Misalnya seperti FISIP super league atau Festival FISIP, dan masih banyak lagi yang sifatnya kontemporer.  

               Yang paling anyar, maret lalu digelar FISIP League dengan sistem club, dimana club itu harus terdiri dari beberapa angkatan dan minimal tiga prodi. Tujuannya selain mengakrabkan antar prodi, juga mencari bibit baru dalam timna Futsal FISIP Unair. Dengan banyaknya program yang memang dipersiapkan untuk mencetak “mahasiswa sehat” ini, akankah FISIP kembali mendulang banyak juara di Student Week 2012? Kita  tunggu saja!! (Puz)

No comments:

Post a Comment