Monday, May 16, 2011

EP CUP : Pesta Olahraga, Hiburan di Tengah Tugas & Rutinitas

EP CUP, digunakan sebagai pelepas penat di tengah rutinitas sebagai mahasiswa.

Senin sore (16/5), memang dicanangkan pemerintah sebagai hari cuti bersama. Namun hal tersebut tak menyurutkan sejumlah mahasiswa untuk datang ke Kampus B Universitas Airlangga. Salah satunya serombongan mahasiswa Ekonomi Pembangunan (EP) yang sore itu sengaja ngelurug  parkir motor Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Bukan untuk berdebat soal ekonomi, namun untuk  pertandingan futsal lintas angkatan, dalam rangka Ekonomi Pembangunan Cup 2011 (EP CUP 2011).
Suara mahasiswa yang menonton pertandingan futsal di pinggiran area Parkir Timur Fisip  terdengar bersahutan . Pukul 15.30 WIB adalah kick off  pertandingan pertama  antara tim EP 2009 A kontra  tim EP 2010. Pertandingan berlangsung dalam suasana yang akrab, terkadang tawa pemain dan penonton berderai ketika ada kejadian lucu di lapangan, seperti peristiwa gol bunuh diri.Tepuk tangan keras terdengar kala pertandingan berakhir dengan skor akhir 4-1 atas kemenangan tim EP 2009 A.
EP CUP adalah salah satu program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. Sebuah kejuaraan internal bagi mahasiswa Ekonomi Pembangunan dalam bidang olahraga dan seni. Selama sepekan mulai tanggal 17-20 Mei nanti berbagai cabang olahraga  mulai dari yang serius  seperti futsal, bulutangkis, tenis meja, catur, hingga yang berbau have fun saja seperti panco akan dilombakan.
Bulutangkis, tenis meja, catur dan panco diadakan di Lantai 3 Gedung Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada pagi hingga siang hari.  Khusus untuk futsal, panitia sengaja meminjam   parkir Timur Fisip pada sore hari.
Ditemui usai pertandingan Ista Aryogi, Ketua Himpunan Mahasiswa EP  mengatakan bahwa  EP CUP merupakan hajatan penyeimbang bagi mahasiswa EP. Bila dalam setahun mahasiswa EP dihadapkan pada program-program yang sarat akan disiplin keilmuan, kuliah dengan tugas yang penuh dengan angka dan kurva. EP CUP ada sebagai satu bentuk hiburan dan penyegar di tengah tugas dan rutinitas bagi mahasiswa.
“Karena kuliah dan tugas di EP itu susah-susah, terus pada dasarnya olahraga salah satu hobi kita, sekalinya ada even olahraga kayak gini, pasti disambut antusias sama anak-anak,” ujar mahasiswa EP angkatan 2009 ini dengan semangat.
Pemilihan olahraga sebagai yang dilombakan bukan tanpa alasan. Ia mengatakan bahwa  olahraga khususnya futsal memang menjadi satu yang digandrungi mahasiswa laki-laki di EP. Minat mahasiswa terhadap EP CUP pun tinggi, terbukti dari jumlah peserta EP CUP tahun ini.
“Peserta futsalnya ada 9 tim, kalo panco sekitar 20 an, bulutangkis 15 orang, tenis meja juga 15 – san, banyak pokoknya,” ujarnya.  
Ajang EP CUP  pun tak pelak digunakan sebagai perekat silahturahmi lintas angkatan. Mulai dari yang paling bungsu, mahasiswa  angkatan 2010, hingga angkatan yang sudah seharusnya angkat kaki,  2006 tenggelam dalam pesta olahraga internal ini. 
"Ya secara keseluruhan sih EP CUP ini buat hiburan,  refreshing sebelum UAS dan buat mempererat silahturahmi mahasiswa Ekonomi Pembangunan sendiri," tandasnya .
Pertandingan penyisihan  futsal pertama sore itu berakhir pukul 17.30 WIB. Esok hari Rabu (17/5) pertandingan penyisihan akan dilanjtkan  kembali.  Untuk babak semifinal dan final seluruh cabang olahraga akan diadakan pada Kamis (18/5).
Puncak acara EP CUP 2011 akan diadakan Jumat (20/5). mendatang bertempat di Aula ABC Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Selain penganugerahan hadiah kepada para jawara lomba, penampilan band akustik dan final panco akan  akan di adakan utnuk memeriahkan puncak pesta olahraganya mahasiswa EP tersebut. (dul)



RIZA ROIDILA MUFTI /071015063

No comments:

Post a Comment