Friday, May 13, 2011

Penggunaan Kemajuan Teknologi di Universitas Airlangga

Seiring bertambahnya tahun, berarti semakin banyak pula perkembangan teknologi di dunia ini. Dengan teknologi tersebut diharapkan bisa membantu atau mempermudah pekerjaan yang ada, begitu pula yang telah dilakukan oleh Universitas Airlangga. Salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia ini telah memakai beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan jaman, karena tuntutan jaman dan teknologi yang berkembang pesat, sehingga nantinya teknologi tersebut bisa menambah kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar atau kegiatan kampus.

Di mulai dari keperluan administrasi dan registrasi, dengan pendaftaran mahasiswa baru yang notabenenya sudah memakai jalur online, bayangkan jika salah seorang calon mahasiswa berasal dari luar pulau jawa, mereka pasti akan berfikir dua kali jika menuju Surabaya hanya untuk mengisi formulir pendaftaran. Kemudian berbagai pembayaran administrasi yang sudah bekerja sama dengan pihak bank tertentu, dengan begini mahasiswa atau pihak terkait tidak perlu susah-susah ke universitas ini, karena mereka bisa membayarnya lewat ATM, atau kantor cabang di kota terdekat. Tidak hanya itu, dalam pengisian kartu rencana study (KRS) beberapa fakultas di Universitas Airlangga sudah bisa di akses lewat internet, meskipun banyak masalah yang di hadapi mahasiswa ketika melakukan pengisian KRS tersebut, mulai dari jaringan yang sering bermasalah, banyaknya pengunjung web namun tidak di imbangi kuatnya server, dan masih banyak lagi.

Banyak pula ditemukan fasilitas di dalam kampus yang saat ini telah mengikuti kemajuan teknologi, diantaranya adalah adanya lift di beberapa fakultas dengan gedung yang tinggi, tanpa adanya lift ini mungkin warga kampus yang akan melakukan kegiatan belajar akan malas untuk naik ke lantai atas, terutama bagi gedung fakultas yang memiliki lebih dari 3 lantai. Jaringan Wifi untuk akses internet yang disediakan oleh pihak Universitas, diharapkan dengan adanya jaringan gratis ke dunia maya ini mahasiswa bisa menambah wawasan, serta berguna jika ada tugas yang hanya bisa diperoleh dari internet. Kemudian, info yang ditampilkan di dalam LCD TV di beberapa sudut gedung, didalamnya terdapat informasi pemberitahuan jadwal atau ruang kelas yang berubah sewaktu-waktu, dan beberapa informasi tentang perkuliahan. Bahkan mahasiswa tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari tahu hasil ujian di papan pengumuman, karena cukup dengan memasukan nomor induk mahasiswa (NIM) dan password masing-masing di komputer kampus mereka sudah bisa melihat hasil ujian.

Salah satu contoh lagi dalam pemanfaatan kemajuan teknologi, yaitu dalam hal kegiatan belajar mengajar yang sering kita temui. Dengan penggunaan program powerpoint biasanya para dosen mengajar, sehingga mempermudah pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran. Kemudian pemakaian proyektor untuk memperbesar gambar agar terlihat jelas. Dan masih banyak lagi penggunaan kemajuan teknologi di Universitas Airlangga.

Jika dibandingkan dengan universitas lain yang lebih maju dalam penggunaan teknologinya, dapat dikatakan Universitas Airlangga masih jauh di bawah mereka, dan harus banyak belajar agar bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Meskipun banyaknya teknologi yang digunakan masih banyak kekurangan yang harus dibenahi pihak Universitas, banyak kemajuan teknologi yang belum dimanfaatkan secara optimal, dan banyak lagi kesalahan dalam penerapan kemudahan teknologi ini. Warga universitas juga banyak yang belum bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar. Bisa dibilang kasus rusaknya lift di Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada tanggal 11 mei 2011 kemarin adalah contoh nyata pemakaian yang tidak baik, karena di duga lift tersebut dibuat mainan oleh mahasiswa yang sedang menggunakan fasilitas tersebut, sehingga lift mengalami kemacetan.

Tri Wulan Wijayanti

070810198

No comments:

Post a Comment