Saturday, May 14, 2011

Perpustakaan Unair Optimalkan Teknologi Informasi Lewat 'Garuda'

GARUDA: Garba Rujukan Digital
 

Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang paling dicari mahasiswa terkait dengan pencarian sumber referensi akademik. Dulu untuk menikmati sebuah buku dari perpustakaan kita harus datang dan meminjam secara langsung. Namun, kini dengan akses internet kita bisa melakukannya dimanapun dalam bentuk digital.

Demikian pula dengan Perpustakaan Universitas Airlangga yang senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa. Adanya Digital Library Airlangga University merupakan salah satu jawaban atas kebutuhan mahasiswa yang dituntut untuk semakin cepat dalam mengakses informasi. Layanan Digital Library Airlangga University yang tersedia ini berupa EBooks, Airlangga Digital library Network (ADLN), Online Public Access Catalog (OPAC) dan E-Journal.  E-Journal sendiri dapat dinikmati mahasiswa secara gratis yang terhubung dengan situs jurnal lain seperti SAGE, Sciencedirect, Spingerlink, Proquest dan Gale.

Tak hanya sampai disitu. Kini Perpustakaan Universitas Airlangga memiliki sumber referensi baru untuk memperkaya rujukan ilmiah mahasiswa yaitu Garuda (Garba Rujukan Digital). “Garuda ini adalah sumber referensi milik DIKTI,” jelas Dewi Puspitasari,. A.Md, SH. Humas Pepustakaan Kampus B Unair yang ditemui siang itu (13/05). Garuda sendiri merupakan sebuah portal referensi ilmiah yang dikembangkan oleh Direktorat P2M-Dikti Depdiknas dan bekerjasama dengan PDII-LIPI serta berbagai perguruan tinggi dalam hal penyediaan konten. 

Tampilan Halaman Awal Garuda (foto: http://liyantanto.files.wordpress.com)

Layanan Garuda ini berisi jurnal, prosiding, laporan penelitian, seminar, pidato pengukuhan, skripsi, thesis, disertasi, koleksi lokal/ daerah dan karya umum yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Portal ini bisa dinikmati tak terbatas pada kalangan akademisi saja namun juga bisa diakses oleh para peneliti, professional, dan juga masyarakat umum. Garuda menyuguhkan menu download full text skripsi yang tentu sangat membantu mahasiswa khususnya.

Hal ini tentu disambut gembira oleh mahasiswa. “Portal Garuda ini sangat membantu karena bisa menambah literatur skripsi ku,” ujar Bima Fajar Nugraha. Mahasiswa Fisip semester akhir ini menjelaskan bahwa dalam proses pengerjaan skripsinya cukup menyita waktu. Oleh karena itu Bima jarang ke Perpustakaan secara langsung untuk mencari buku. Ia lebih memilih menggunakan fasilitas Digital Library berupa Garuda karena isinya lengkap dan faktor efisiensi waktu. “Di Garuda ini banyak skripsi yang bisa dijadikan literatur dan lebih mudah mencarinya dari pada langsung lihat hardcopy nya,” imbuh Bima.

Begitu pula dengan Ziadatur Rohmah yang mengaku terbantu dengan hadirnya Garuda. “Aku paling sering cari skripsi pakek Garuda karena cepat dan lengkap,” jelas mahasiswi Fisip jurusan Ilmu Komunikasi ini. Ziadatur memanfaatkan akses tersebut untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan banyak literatur. Bila sebelumnya akses digital library lainnya hanya menyediakan skripsi dalam lingkup Universitas Airlangga, kini dengan menggunakan akses Garuda Library Digital Ziadatur bisa menikmati referensi skripsi dengan ruang lingkup yang lebih luas. “Jadi sumber yang didapat lewat buku bisa dibandingkan dengan beberapa sumber yang ada di Garuda misalnya skripsi, thesis dan hasil penelitian lainnya”, tambahnya.

Salah satu sumber referensi lengkap milik DIKTI (foto: http://liyantanto.files.wordpress.com)

Dengan hadirnya sumber referensi baru berupa portal Garuda (Garba Rujukan Digital) mahasiswa diharapkan dapat merasakan manfaatnya terutama dibidang akademis. Selain itu juga dalam rangka mengefisienkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di Perpustakaan Universitas Airlangga sesuai dengan mottonya yaitu For Better Knowlegde and Better Future. Untuk mendapatkan panduan penggunaan Garuda klik disini. (din)

PARAMADINA | 070915082

No comments:

Post a Comment