Saturday, May 14, 2011

Mengembangkan Diri Lewat Internet, di CS2 2011


SURABAYA – Internet saat ini sudah merupakan suatu teknologi yang sedang berkembang dengan pesat. Hampir seluruh kalangan saat ini menggunakan internet. Internet untuk beberapa orang saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, bukan lagi hanya untuk pelengkap saja. Internet merupakan suatu media baru bagi semua orang, dan di dalam internet, tidak ada batas ruang sehingga disebut dengan cyberspace. Isu ini sedang marak di tengah masyarakat sehingga mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga akan mengadakan serangkaian acara yang mengusung tema “Media, Cyberspace & Society”.

Communication Student Summit (CS2) 2011 merupakan nama acara yang akan diadakan pada tanggal 14 & 15 Mei 2011. “Ada 2 acara besar sebenernya dalam CS2 ini, yang pertama itu call for paper sama seminar umum” ujar Rani,ketua panitia CS2. Acara pertama yaitu lomba penulisan karya ilmiah (Call for Paper). Disini, mahasiswa S1/Diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki ide dan pemikiran-pemikiran aktif tentang media & cyberspace dapat mengirimkan tulisannya.

Selain akan diadakan diskusi ilmiah mahasiswa se-Indonesia, pada tanggal 14 mei juga diadakan seminar nasional. Seminar dan diskusi ini hanya diperuntukkan bagi peserta karya tulis ilmiah (call of paper). Tema yang diangkat dalam seminar ini yaitu “Internet: Dinamika dan Problematika dalam Masyarakat Indonesia”. Pembicara yang akan hadir pada seminar ini yaitu Kandi Ariyani Suwito, M.A. pakar ilmu komunikasi dan cyberspace serta merupakan dosen di Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga.

Sedangkan pada tanggal 15 Mei, akan diadakan seminar umum yang bisa dikuti oleh semua orang. Berbeda dengan seminar nasional, pada seminar umum ini mempunyai tema “media, cyberspace, and society”. Pembicara yang akan hadir dalam seminar ini merupakan pembicara yang memang sudah memiliki kredibilitas di bidangnya.

Brahmo Saputro yang merupakan Community manager Kaskus.us akan menjadi salah satu pembicara yang akan hadir dalam seminar tersebut. Selain itu, ada pula Staff Menkominfo, Henry Subiakto yang akan menjadi pembicara. Raditya Dika yang merupakan Blogger dan Penulis terkenal ini juga akan menjadi pembicara, dan yang terakhir yaitu Onno W. Purbo, pakar ilmu komunikasi.

“kami menghadirkan pembicara-pembicara yang memang ahli dibidangnya karena agar materi yang dibicarakan memang berasal dari ahlinya” tutur Rani.

Menurut penjelasan dari Rani selaku ketua panitia CS2, seminar ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Yang pertama yaitu, dengan mengikuti seminar ini, para mahasiswa dan masyarakat yang lain dapat mengerti bagaimana dinamika dan perkembangan internet di Indonesia. Selain itu, problematika apa saja yang terjadi di tengah masyarakat seiring dengan munculnya internet di masa sekarang.

“Manfaat lainnya yang bisa kita ambil dari mengikuti seminar ini yaitu kita bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana caranya kita dapat mengembangankan diri melalui internet. Kita bisa mendengar pengalaman-pengalaman dari pembicara kita yang sudah sukses melalui internet” tambahnya.

Communication Student Summit (CS2) 2011 ini merupakan salah satu dari beberapa acara yang menjadi rangkaian dalam acara HUT Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga yang ke-23.

No comments:

Post a Comment