Saturday, May 14, 2011

Lincahnya Staff Universitas Airlangga Bermain Voli


Jika berurusan dengan masalah kesehatan akan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga ksehatan, yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat, menjaga pola hidup, dan tentu saja dengan berolah raga. Jenis olah raga yang dilakukan pun bisa beragam. Bisa dengan hanya melakukan jogging setiap bagi, berolah raga secara rutin di tempat fitness, atau yang paling menyenangkan berolah raga sambil bermain. Yaitu sambil bermain sepak bola, basket, bermain bulu tangkis ataupun bermain bola voli.
Bila diperhatikan, setiap hari jumat akan terlihat beberapa staff Universitas Airlangga bahkan dosen-dosen universitas Airlangga yang sedang bermain bola voli di lapangan parkir FISIP. Rupanya kegiatan bermain bola voli tersebut memang rutin dilakukan setiap hari jumat. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari jumat, mulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00. anggotanya pun tidak terbatas hanya pada staff suatu prodi tapi berasal dari seluruh staff yang ada di Universitas Airlangga, bahkan dosen pun juga ikut dalam kegiatan ini.
Kegiatan bermain bola voli ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, tapi benar-benar secara rutin dilakukan sejak tahun 1999. Saat ini jumlah anggotanya ada lima belas orang. Tapi keanggotaan dalam tim bola voli ini tidak terlalu resmi. Artinya siapa pun yang ingin ikut bermain bola voli bisa langsung datang dan bermain tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.
Pada awalnya, kegiatan bermain bola voli ini hanya ditujukan untuk sekedar berolah raga, tapi kemudian, ternyata kegiatan ini dirasa dapat menjadi ajang berkumpul dan mengakrabkan diri bagi sesama staff Universitas Airlangga. Menurut Baidowi, salah satu anggota tim voli, dengan adanya kegiatan ini, para staff dapat semakin dekat. Dan saat bermain bola voli, tidak akan terlihat perbedaan antara staff biasa dan dosen. Sehingga tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan tapi juga bisa dijadikan ajang berkumpul.
Biaya yang digunakan untuk mengadakan egiatan ini berasal dari biaya pribadi anggota tim. Seperti pembelian net, bola, dan perlengkapan lain berasal dari biaya sendiri, termasuk biaya konsumsi anggota. Penarikan biaya pun secara sukarela, anggota tidak diharuskan menyumbangkan uang dengan jumlah tertentu, semuanya terserah pada anggota ingin memberi berapa pun jumlahnya.
Tim voli ini pun bukan hanya tim yang bermain untuk senang-senang saja, tapi mereka juga menghasilkan prestasi. Mereka selalu menjadi finalis saat ajang Rektor Cup walaupun belum pernah menang. Akan tetapi, walaupun tidak pernah menjadi pemenang, setidaknya mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan.
Setelah usai bermain bola voli, seluruh anggota tim mempunyai kebiasaan makan bersama. Makan bersama dilakukan di ruang keuangan. Penyedia atay penyumbang makanan untuk makan bersama pun berasal dari salah satu anggota, biasanya penyedia makanan ini tidak mau disebutkan namanya, jadi secara rahasia.
Saat makan bersama ini, terlihat sekali keakraban antar anggota, selain itu, tidak hanya anggota tim voli saja yang bisa ikut dalam makan bersama tersebut, staff atau orang luar juga sangat dipersilahkan untuk bergabung bersama mereka. Karena seperti tujuan mereka sebagai ajang berkumpul, acara makan bersama pun juga di tujukan untuk berkumpul bersama. 
Olah raga ternyata tidak hanya bisa untuk menjaga kesehatan saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai ajang berkumpul bersama teman dan juga menjalin pertemanan baru. Banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dari suatu kegiatan olah raga. Ada baiknya bukan bila mulai sekarang kita lebih memperhatikan kegiatan olah raga.

No comments:

Post a Comment