Wednesday, May 11, 2011

Herz Stiker, Berbisnis dengan Hati

Herz stiker, merupakan usaha yang dirintis oleh Arizal Monticelli Kadarsan mahasiswa jurusan komunikasi universitas Airlangga sejak bulan April silam. Nama Herz stiker diambil dari bahasa Jerman yang artinya hati. Diambil dari bahasa jerman yang artinya hati. “Aku pengen produkku deket sama hati pelangganku”,jelas Monti .


Awalnya, Monti terinspirasi dengan usaha teman satu angkatannya yang memiliki usaha sablon kaos band – band luar negeri yang kurang terkenal namun banyak peminat dan penggemarnya di Indonesia. Disamping itu usahanya dianggap menyenangkan. “Aku jadi tahu band – band asing yang sebelumnya kurang familiar di telingaku akhirnya jadi tahu dan bisa sharing tentang lagu –lagu dan filosofi band asing yang digemari pelangganku”, tutur mahasiswa yang juga hobi dibidang fotografi ini. Menurut Monti, dia melihat celah peluang karena banyaknya pengguna laptop dan notebook di kampusnya.

Modal awal bisnis yang dirintis Monti ini diperoleh dari uang jajan yang dia kumpulkan. Keuntungan bersih yang dihasilkan oleh Monti ini sekitar 350.000 per bulannya dari pendapatan yang didapat dengan kisaran harga 20.000 – 35.000. “Harganya itu tergantung dari besar kecil nya laptop sama notebooknya dan itu sudah termasuk dengan ongkos pasangnya sekalian,” tambah wirausahawan muda yang baru saja menyelesaikan ujian tengah semesternya. Selain menerima request skin khusus dari pelangannya itu, dalam praktek usahanya Monti juga melayani pengeditan skin pesanannya tersebut.

Segmentasi dari bisnis penjualan skin cover laptop dari Herz stiker ini adalah semua kalangan yang menggemari band – band yang kurang terkenal dan ingin menaruh gambar dari band tersebut di media seperti skin laptop. Para pelanggan Monti mengaku sulit menemukan skin laptop bergambar band yang mereka gemari. “Sekalinya nemu yang di pengen, tapi bahannya jelek,” celetuk Iqbal yang merupakan salah satu pelanggan Monti yang memesan skin bergambar Jimmy Hendrix di Herz stiker.

Agar usahanya bisa berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas, Monti melakukan promosi secara personal selling di kalangan teman - teman nya di kampus. Selain itu di jejaring sosial seperti facebook dan forum – forum jual beli seperti kaskus Monti juga malakukan promosinya. Dengan menampilkan contoh skin cover yang pernah dipesan oleh para pelanggannya. “Kadang pelangganku itu banyak yang minta sekalian di cariin gambar skin nya dengan browsing di internet gitu,” ujar mahasiswa yang bertempat tinggal di daerah Pondok Chandra ini.

Keunggulan dari produk Herz stiker ini adalah desainnya yang tidak umum dan tidak pasaran juga bahannya yang kualitasnya yang paling bagus untuk ukuran skin protector pada laptop dan notebook. Menurutnya dalam menjalani usahanya ini, Monti kerap kali mengalami kendala pada saat memasang skin laptop di laptop pelanggannya. “Dulu awal pertama aku dapet pesanan dan harus pasang skin laptop orang buat pertama kalinya, perlengkapan ku buat masang bisa dibilang masih primitif, soalnya aku cuma modal gunting”, tutur Monti.

Jika dibandingkan sekarang, usaha nya sekarang telah lebih maju karen perlengkapanya untuk memasang skin laptop pelanggannya sekarang telah menggunakan hairdryer untuk merekatkan bagian ujung dan pinggir dari skin laptop tersebut. “Di usaha ku ini aku dituntut untuk teliti, ulet, dan perfeksionis,” ujar mahasiswa yang hobi dalam bidang desain grafis ini.

Haulah Citra Kusuma Wardhani

070915052

1 comment:

  1. Sony KusumasondjajaMay 11, 2011 at 4:26 PM

    Sorry to say, tulisan ini selling point-nya tidak jelas, yang dibahas bukan sesuatu yang menarik, tidak ada informasi "what's so special about this business or this person", dan eksekusinya dalam penyampaian juga tidak menarik.

    ReplyDelete