Tuesday, May 17, 2011

Parkiran Baru FE Lebih Nyaman dan Aman

Tidak Basah: Parkiran motor FE yang baru tidak basah apabila hujan datang

Jika kita melewati fakultas ekonomi di Kampus B, maka akan melihat suatu pemandangan yang berbeda dari fakultas-fakultas lain yang ada di Universitas Airlangga. Ya, di sana terdapat parkir motor bertingkat layaknya yang biasa kita temui di mall atau di perkantoran.

Parkiran motor bertingkat ini mulai beroperasi sejak bulan Maret tahun ini. Pembangunan parkir bertingkat ini memakan waktu sekitar delapan bulan, tepatnya dibangun sejak bulan Juli tahun lalu. Atas gagasan Fakultas Ekonomi (FE) dan bekerja sama dengan rektorat Universitas Airlangga akhirnya FE berhasil membangun gedung parkir motor bertingkat ini.

“Iya dibangun mulai Juli tahun 2010 dan baru beroperasi Maret 2011 ini. Kita kerjasama dengan kantor pusat,” ungkap Aisyar Halim, SE, Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Fakultas Ekonomi.

Gedung parkiran ini dibangun karena semakin banyaknya mahasiswa FE yang menggunakan sepeda motor ke kampus sehingga lahan parkir yang sempit membuat mahasiswa tidak nyaman. “Kita membangun parkiran ini karena berdasarkan kebutuhan, kalau satu lantai kurang karena banyaknya mahasiswa yang menggunakan sepeda motor,” jelas pria yang telah bekerja di Unair selama tiga puluh tahun ini.

Maka dari itu, fakultas pun menggagas pembangunan gedung parkir motor bertingkat dan akhirnya disetujui oleh kantor pusat atau rektorat Unair. Namun kini pengelolaan parkir motor bertingkat ini sepenuhnya dipegang oleh kantor pusat. “Sebelum tahun 2011 itu pengelolaan lahan parkir dipegang oleh Fakultas, tapi sekarang sepenuhnya dipegang oleh kantor pusat termasuk secure parking juga kantor pusat yang memegang,” ungkap Aisyar saat ditemui di kubikelnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pembangunan Fakultas Ekonomi lebih maju daripada fakultas-fakultas lain yang ada di kampus B. Sudah menjadi rahasia umum apabila banyak alumni yang sukses dan memberikan sumbangan untuk pembangunan fisik gedung fakultas. Sehingga tak heran gedung Fakultas Ekonomi merupakan yang paling bagus di kampus B.

Namun ketika ditanya apakah dana pembangunan gedung parkiran motor bertingkat ini juga berasal dari sumbangan alumni, Aisyar menyangkalnya. “Bukan ini murni dana universitas,” sangkalnya.

Untuk keamanan dari parkiran baru ini juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah ada secure parking yang tentunya sudah pasti aman. Secure parking ini juga bisa ditemui di seluruh fakultas di kampus B. Selain itu, dengan adanya gedung parkiran motor bertingkat ini membuat mahasiswa semakin nyaman untuk memarkirkan motornya. Seperti pengakuan salah satu mahasiswa semester 6, jurusan S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Aditya Sudarta.

“Iya lebih enak sebenernya, lebih efisien space-nya banyak, nggak perlu dempet-dempetan lagi,” menurut mahasiswa yang memiliki nama panggilan Adit ini.

Apabila hujan datang, para pengendara motor yang memarkirkan motornya di gedung parkiran baru ini tidak perlu khawatir helmnya akan basah karena kehujanan. Jelas karena parkiran ini berada di dalam gedung yang memiliki atap sehingga tidak akan kehujanan. “Apalagi sekarang ada atapnya, jadi kalau hujan sepeda dan helm nggak basah,” tambah Adit yang sekarang sedang mengambil skripsi ini.

Akan tetapi Adit menyayangkan satu hal dari gedung parkiran motor bertingkat ini. “Tapi desain naikan ke lantai dua-nya terlalu tinggi, jadi sedikit membahayakan,” keluh Adit. (nit)

No comments:

Post a Comment