Saturday, May 14, 2011

Mengintip Sepak Terjang Gamers Online


Game Online: Counter Strike yang digemari

Game Online nampaknya sudah mendarah daging di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa ‘penghuni’ KBU Ilmu Komunikasi. Hiburan sehari-hari mereka adalah browsing internet terutama untuk  game online.
UNAIR-Sekumpulan mahasiswa laki-laki terlihat asyik dengan laptop masing-masing siang itu. Ya, mereka adalah para gamers prodi Ilmu Komunikasi. Lihat saja Fakhrizal, mahasiswa angkatan tahun 2009 ini menghabiskan hampir seluruh waktu onlinenya di dunia maya untuk bermain game online. Menurutnya, bermain game online itu bisa mengasah otak dan membentuk kemampuan berpikir cepat. “Jadi yang namanya bermain game tidak hanya bersifat merugikan”,tuturnya. Juga, tambahnya lagi, bermain game online membuatnya sedikit ahli mengenai komputer, memecahkan kode-kode ataupun perangkat game lainnya. Mahasiswa berumur 20 tahun ini mengaku perkenalannya dengan game online dimulai sejak bangku SMP. Sekarang, sudah berbagai jenis game dijajalnya, seperti Counter Strike dan Dota. “Dua game tersebut yang sering dimainkan oleh anak-anak disini, soalnya bisa dimainkan online maupun offline”, ujarnya. Counter Strike Online sendiri  adalah sebuah game Counter-Strike yang sudah muncul dari tahun 1999. Khususnya pada fitur Free-to-Play dan Item Mall. Sampai saat ini Counter Strike Online telah dirilis di beberapa negara Asia termasuk Indonesia yang kemudian mewabah di kalangan mahasiswa. Mereka memilih game ini juga karena Counter Strike Online tidak terlalu memerlukan spesifikasi PC yang tinggi. Tetap, koneksi internet bagus sangat diperlukan.
            Game online sendiri merupakan game yang bisa dimainkan dengan banyak orang, tidak hanya lokal area saja, melainkan seluruh Indonesia bisa bergabung untuk memainkan game serupa. Karena banyaknya peminat game online dewasa ini, banyak sekali forum-forum penyuka game online (gamers) yang tersebar di dunia maya. Para gamers tentunya juga sudah mengenal yang namanya cheat (kode untuk memecahkan suatu game atau misi tertentu) dalam permainan game model apapun(sejenis game sack), begitu juga untuk game online ini. Dalam game online, seperti  Counter Strike, juga terdapat cheat berbentuk software,bahkan ada forum cheater untuk game online yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu. Menurut Fakhrizal, biasanya untuk masuk ke forum cheater tersebut sangat susah dan jikapun berhasil mendapatkan cheat yang kita inginkan, koneksi kita harus kuat alias tidak lemot. Hal tersebut juga menjadi faktor kenapa para gamers KBU ini jarang menggunakan cheat karena mereka bermain dengan memanfaatkan fasilitas Wi-Fi kampus yang memang agak lambat. 
Namun hal tersebut tentu saja tidak menjadi penghalang para gamers ini untuk meningkatkan level mereka dalam permainan game online, asal tidak lupa dengan kuliah saja.

No comments:

Post a Comment