Saturday, May 14, 2011

Mudahkan Mahasiswa Mengupdate Info Nilai dengan SMS

Surabaya ( 13 / 5) - Kata SMS sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat pada umumnya. Namun, beda dengan SMS Engine yang merupakan aplikasi komputer yang berhubungan dengan GSM untuk mengelola pengiriman dan penerimaan SMS. Secara sederhana, semua pengguna dapat mengirimkan dan menerima SMS melalui komputer masing-masing. Terdapat aplikasi User interface untuk mengirim SMS berbasis web, dan dapat berjalan di jaringan lokal (LAN), intranet atau internet.

Adalah tim USI (Unit Sistem Informasi) Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Airlangga Surabaya yang akhirnya berhasil membangun aplikasi SMS Engine for Students Academic Record. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah digunakan untuk mengetahui prestasi studi mahasiswa FE UNAIR.

USI mengelola aplikasi ini dengan bekerja sama dengan provider telepon selular PT. Telkomsel dan PT. Telkom “Flexy”. Kedua perusahaan provider telpon seluler tenar ini memperoleh data bahwa semenjak program tersebut aktif digunakan, jumlah data yang diakses melalui PT . Telkomsel adalah : 3794 sedangkan untuk PT. Telkom “Flexy” adalah 1499 total keseluruhan 5293. Fitur SMS yang bisa diakses sebanyak 8 fitur dengan nomor akses 7890, tarip per SMS Rp. 1.000,- untuk Flexy, Rp. 1.250,- untuk kartu Halo, Rp. 1.400,- untuk Simpati, dan Rp. 1.400,- untuk kartu AS

Aplikasi ini telah kemudian dikembangkan oleh tim USI FEB Universitas Airlangga, yaitu dengan melakukan penambahan fitur SPP (Sumbangan Pembayaran Pendidikan) lewat SMS, sehingga orang tua/ wali mahasiswa bisa memantau pembayaran SPP putra/putrinya lewat SMS.

“Aplikasi SMS engine ini sangat bermanfaat untuk mengupdate tentang info nilai mahasiswa, dan juga orang tua saya merasa sangat terbantu dalam penerapan aplikasi ini di kampus”, ujar Tri Mustika Kirana salah satu mahasiswa FEB UNAIR yang sering menggunakan aplikasi ini.

Meskipun begitu, penerapan aplikasi ini tidak luput dari kelemahan, yang antara lain yaitu tidak jarang sering terjadi pending dan sistem data eror dari pusat maupun kerusakan pada provider. Kebanyakan sering terjadi setelah Ujian Tengah Semester berakhir.

Untuk merawat semua alat sistem informasi baik itu hardware, software, maupun data – data dan termasuk juga didalamnya yaitu aplikasi SMS engine for student academic record, salah satu staff di USI FEB Universitas Airlangga menjelaskan, “Tim USI secara rutin melakukan maintenance terhadap hardware, software maupun data dengan cara melakukan backup data ,melakukan inovasi, riset dan pengembangan terhadap software tools baru yang lebih bermanfaat untuk memperkecil kerusakan komputer (hardware, software maupun data), melakukan perbaikan semua komputer (Hardware, Software maupun Data) yang menjadi aset FE UNAIR, komputer yang diperbaiki dan dilakukan, melakukan upload data mahasiswa baru (biodata) angkatan 2006 program S1, DIII maupun Alih Jenjang”. (ctr)

Haulah Citra Kusuma Wardhani

070915052

No comments:

Post a Comment