Wednesday, May 11, 2011

Kuliah OK, Jualan OK. .


Selama menjadi mahasiswa, banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Seperti kegiatan kemahasiswaan yang ada di universitas, seperti UKM beladiri, teater, seni tari, atau kegiatan yang disediakan masing-masing fakultas dan jurusan, selain itu juga terdapat kegiatan BEM. Tidak hanya kegiatan yang disediakan oleh pihak universitas, kegiatan usaha mandiri mahasiswa juga sering kali ditemui di kampus. Misalnya usaha jualan jajanan yang dilakukan oleh Orrinda Ike yang akrab dipanggil Orrind oleh teman-temannya.
Orrind, mahasiswi komunikasi Universitas Airlangga, yang saat ini duduk di semester empat. Mahasiswi asal Lamongan ini telah memulai usaha jualan jajanannya ini sejak semester dua. Pada awalnya, Orrind menjalankan usaha ini hanya sekedar untuk membantu kegiatan Hutkom yang pada saat itu sedang membutuhkan biaya besar. Dengan bantuan dari teman-teman untuk modal jualannya tersebut, Orrind memulai usahanya. Setelah lepas dari kegiatan Hutkom tersebut, ternyata Orrind mulai merasa ketagihan dengan kegiatan jualannya tersebut. Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari keuntungan yang dia dapat dari jualan jajanan walaupun menurutnya keuntungan yang didapat tidak terlalu besar.
Keuntungan yang tidak terlalu besar bukan menjadi halangan bagi Orrind untuk tidak melanjutkan kegiatan jualannya tersebut. Karena dari kegiatan jualannya tersebut, dia dapat sedikit meringankan beban orang tuanya. Karena dari keuntungan berjualannya tersebut, bisa membantu memenuhi biaya hidupnya selama kuliah di Surabaya. Apalagi menurutnya, biaya hidup selama berkuliah di Surabaya cukup besar dan bisa membuat kantong “jebol”, tidak seperti bila berkuliah di daerah yang mungkin tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar.
Walaupun hanya usaha jualan kecil-kecilan, menurut Orrind, dari kegiatannya ini tidak hanya sekedar memberi manfaat dibidang materi tapi membawa banyak manfaat. Diantaranya, dari kegiatannya ini bisa sering berinteraksi dan beromunikasi dengan banyak orang. Karena dari kegiatan ini, kita harus banyak berinteraksi dengan banyak orang agar usaha jualan bisa terus berjalan. Selain itu, dengan banyak berinteraksi dengan orang banyak juga akan membuka koneksi baru yang nantinya bisa dimanfaatkan bila ingin memulai usaha yang lebih besar. Manfaat lain yang bisa didapatkan juga untuk mengasah mental dalam berwirausaha, dimana ini sangat penting untuk memulai karir wirausaha atau entrepreneur  nantinya di masa depan. Dengan sering mengasah mental kita dalam menjalankan suatu usaha, dapat membantu kita agar tidak merasa kikuk lagi bila menjadi pengusaha besar dan tidak merasa terlalu sulit saat mengatasi suatu masalah.
“Pantang menyerah dan terus berusaha menjadi kunci dalam menjalani suatu kegiatan, tidak terkecuali kegiatan jualan. Selain itu, mau belajar dari pengalaman dan pintar-pintar dalam membaca peluang bisnis juga diperlukan. Selain itu, kreatif dan inovatif juga merupakan suatu keharusan. Hal ini diperlukan agar bisa selalu menemukan hal baru yang dapat ditawarkan sehingga bisa menarik minat banyak orang” begitu yang diucapkan oleh Orrind. Saat ini, tidak hanya berjualan jajanan, sejak awal semester empat Orrind juga mulai berjualan pulsa.
Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, diantaranya kegiatan usaha mandiri kecil-kecilan seperti yang dilakukan oleh Orrind. Walaupun hanya usaha kecil-kecilan, tapi membawa manfaat yang cukup besar walaupun mungkin tidak dirasakan secara langsung. Karena dengan kegiatan usaha seperti ini dapat mengasah kemampuan wirausaha, yang tentu saja akan sangat berguna apabila kita ingin memulai usaha yang lebih besar. Terlebih lagi kegiatan yang dapat meringankan beban orang tua juga merupakan hal ang baik.

1 comment:

  1. Sony KusumasondjajaMay 11, 2011 at 6:04 PM

    (1) Penyajian tulisan tidak efisien - banyak kalimat yang seharusnya bisa diringkas. Alinea pertama dan terakhir misalnya terlalu bertele-tele. (2) Tulisannya membosankan - tidak ada hal baru atau perspektif yang ditampilkan di sini. (3) Perhatikan kalimat pertama di alinea 3 - yang saya tangkap dari kalimat itu adalah Orrind berniat utk tidak melanjutkan usahanya (... bukan halangan utk TIDAK melanjutkan usahanya).
    Dan yang terakhir, mengapa sih foto yang dipasang adalah foto diri yang bergaya narsis? Mengapa tidak foto wajah saja, atau foto narsum dengan produk jualannya..?

    ReplyDelete